Ingin Jadi CPNS Guru, Siapkan 20 Juta – Malang News

BATU – DPRD Kota Batu mencium adanya jual beli kursi CPNS yang diperuntukkan bagi guru tidak tetap (GTT). Dari informasi yang didengar anggota legislatif, setiap GTT harus menyiapkan uang minimal Rp 20 juta bila ingin diangkat menjadi CPNS pada 2012 nanti.

“Saya mendengar informasi itu dari beberapa GTT yang diminta menyiapkan uang bila ingin menjadi CPNS,” kata Sekretaris Komisi A DPRD Kota Batu, Hely Suyanto, Senin (1/8/2011) pagi.  Sayangnya, dia enggan menyebutkan siapa GTT yang memberinya informasi tersebut.
Awalnya, Pemkot Batu diminta untuk tidak membuka rekrutmen CPNS formasi umum pada tahun depan. Karena, jumlah pegawai di lingkungan pemkot dianggap sudah terlalu banyak. Jumlah pegawainya secara keseluruhan yang sudah berstatus PNS lebih dari 6 ribu pegawai.

Sementara untuk GTT, menurut Hely, berdasarkan data 2009 terdapat 1.200 GTT. Juga terdapat 560 tenaga honorer daerah yang tidak bisa diangkat menjadi CPNS.

Hely menambahkan, karena masih banyaknya persoalan kepegawaian itulah maka pemkot diminta tidak membuka CPNS 2012 melalui formasi umum.
“Untuk GTT, diupayakan ada jalur khusus untuk pengangkatannya dan diberi kuota 40 kursi untuk tahun depan. Dalam waktu dekat kami akan menemui Komisi II DPR RI untuk mengkonsultasikan payung hukumnya,” kata Hely.

Upaya pemberian kuota jalur khusus untuk 40 GTT inilah yang ditengarai rawan dengan aksi jual beli. “Beredar informasi di kalangan GTT siapa saja bisa menjadi PNS asal menyiapkan uang Rp 20 juta,” papar Hely.
Dia berharap seluruh GTT tidak gegabah dan mau memberikan uang yang diminta oleh oknum tertentu. “Kami kesulitan untuk menemukan bukti, tapi memang ada guru yang dimintai uang, silakan melapor ke kami,” kata Hely.
Secara terpisah, Ketua Ikatan Guru Tidak Tetap dan Pegawai Tidak Tetap (IGTT/PTT) Kota Batu, Subagyo mengaku tidak mendengar informasi tersebut. “Secara organisasi, saya tidak mendengar adanya permintaan uang sebesar Rp 20 juta bagi GTT yang ingin menjadi PNS,” kata Subagyo.
Menurutnya, kalau yang diminta adalah orang per orang, itu persoalan individu bukan lagi menyangkut organisasi. “Saya hanya meminta setiap GTT untuk lebih berhati-hati,” singkat Subagyo.

  1. #1 by Mochammad on Agustus 2, 2011 - 12:44 am

    Masih ada ya gitu2? Adekku di Jombang masuk PNS (guru) melalui program database tuh… Jangan mau kalau diminta uang kayak gitu.
    🙂 Salam,

    Mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com
    http://piguranyapakuban.deviantart.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: